SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

 

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik utamanya melalui pelayanan masyarakat dibidang penerbitan SIM, Satpas Polres Sambas secara rutin melakukan survey terhadap kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Satpas. Hal ini sejalan dengan amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana pelayanan masyarakat harus memenuhi standarisasi yang diatur dalam ketentuan tersebut. Indeks Kepuasan Masyarakat atau IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggaraan pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Pelaksanaan survey IKM yang dilaksanakan setiap hari oleh Satpas Polres Sambas juga merupakan langkah rutin dalam menjaga kualitas mutu pelayanan publik.


Survey IKM diperlukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat secara berkala dan mengetahui kecenderungan kinerja pelayanan pada Unit Kerja pelayanan di Satpas Polres Sambas. Komponen ini berkaitan dengan pelaksanaan survey IKM, metode yang digunakan, skor yang diperoleh, serta tindak lanjut dari hasil pelaksanaan survey IKM tersebut. 


Berdasarkan prinsip pelayanan sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri PAN Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003, yang kemudian dikembangkan menjadi 9 unsur yang “relevan”, “valid” dan “reliabel”, sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat adalah sebagai berikut:


No.

UNSUR PELAYANAN

 

NILAI RATA-RATA

x25

U1

Persyaratan pelayanan

 

3,98

99,52

U2

Prosedur pelayanan

 

3,79

94,76

U3

Kecepatan pelayanan

 

4,00

100

U4

Kewajaran biaya/tarif pelayanan

4,00

100

U5

Kesesuaian dengan standar pelayanan

3,31

82,86

U6

Kemampuan petugas pelayanan

3,69

92,14

U7

Kesopanan dan keramahan petugas

3,81

95,24

U8

Kualitas sarana dan prasarana

3,86

96,43

U9

Penanganan pengaduan layanan

3,77

94,29



NILAI SKM MELALUI LINK ikanmas.net



NILAI SKM Melalui aplikasi EPZI









Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERIAN KOMPENSASI PELAYANAN SIM

PENGAWASAN DAN PENGECEKAN RUTIN PELAYANAN SIM